CIM (Corporate Information Management)



CIM (Corporate Information Management) Sistem Informasi Perusahaan Adalah suatu sistem berbasis komputer yang dapat melakukan semua tugas akuntansi standar bagi semua unit organisasi secara terintegrasi dan terkoordinasi.

Corporate informasi manajemen atau (CIM) adalah suatu proses:

  • Strategis akal membuat
  • Perencanaan pasokan untuk informasi masa yang akan datang
  • Meningkatkan nilai utilitas sumber daya informasi yang tersedia
  • Menghilangkan informasi yang berlebihan
  • Memastikan kepatuhan terhadap informasi perundang-undangan yang terkait
  • Meningkatkan pengembalian atas investasi di teknologi informasi

EVOLUSI SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN

Dimulai dengan ide untuk membuat suatu tempat penyimpanan yang dapat diakses oleh seluruhresource yang ada di dalam perusahaan.

Tahun 1960, Sistem Pengolahan Transaksi

  • Berevolusi menjadi Sistem Informasi Manajemen (SIM).

Alasan : karena para manajer tidak puas hanya menghitung apa yang telah terjadi di dalam bisnis, mereka ingin mengendalikan operasi di masa depan.

  • Sistem Perencanaan Pencatatan Kebutuhan Material (MRP)

MRP pertama kali dikembangkan di area manufaktur untuk mengatasi permasalahan pengendalian persediaan yang rumit


Penerapan Sistem Informasi Perusahaan

Terdapat 3 (tiga) hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan ketika memulai untuk menerapkan sistem informasi perusahaan (EntIS), yaitu :

  1. Pemilihan Penjual Perangkat Lunak
  2. Pelatihan Pemakai
  3. Pendekatan Peralihan


Kegagalan CIM :

Kegagalan sistem informasi perusahaan mencakup

proyek yang ditinggalkan sebelum penerapannya, sehingga organisasi kembali menggunakan sistem informasi perusahaan terdahulu.

Langkah-langkah yang dapat diambil organisasi untuk meminimalkan kemungkinan kegagalan sistem informasi perusahaan :

  • Mengerti kerumitan organisasi.
  • Mengenali proses yang dapat menurun nilainya bila standarisasi dipaksakan.
  • Mencapai konsensus dalam organisasi sebelum memutuskan untuk menerapkan sistem informasi perusahaan.

SIM adalah serangkaian sub-sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi yang secara rasional mampu menstransformasikan data sehingga menjadi informasi dengan berbagai cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan . Dengan kata lain SIM adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama. Dalam teori SIM, komputer bukan prasyarat mutlak bagi sebuah SIM, namun dalam praktek SIM yang baik tidak akan ada tanpa bantuan kemampuan pemrosesan computer. Bagaimanapun untuk melakukan koordinasi dalam SIM akan lebih terbantu jika melibatkan computer.

Berbagai perusahaan kini memerlukan SIM. Dengan pengelolaan SIM yang tepat, tentunya perusahaan berikut akan berkembang. Namun meskipun telah mengeluarkan biaya yang besar, pengembangan SIM pada suatu perusahaan tidak berhasil. Oleh karena itu diperlukan evaluasi apa sajakah yang dapat menyebabkan kegagalan pada pengembangan SIM tersebut.
0 Responses

Posting Komentar

  • Cari Blog Ini